Friday, June 19, 2015

5 Tips SEO dari google Search Console yang sering diabaikan blogger pemula

5 Tips SEO dari google Search Console yang sering diabaikan blogger pemula

Dulunya disebut Google webmaster , sekarang sudah berubah nama menjadi Google Search Console

Tips SEO Google Search console- Siapa blogger yang tidak tahu google search console ? , google search console adalah tools wajib bagi semua blogger .

Kenapa wajib sob ? - Emang traffic organic terbesar kamu dari mana ? google kan ? , terus apa ada alasan google search console tidak tools wajib bagi kamu sebagai blgger ? .

Banyak yang masih mengeluh , wah... susah sekali menggunakan teknik SEO secara maksimal , semua tools yang saya pakai secara maksimal harus jadi member pro dan harus bayar , saya kan gak ada uang .

Terus apa yang anda lakukan dengan google webmaster anda ? sekedar daftar ? , tentunya banyak sekali manfaat yang bisa anda rasakan ketika menggunakan tools SEO gratis milik salah satu perusahaan teknologi terbesar ini dan tentunya secara Gratis.. tiss tiss .

Google search console di belakangi oleh para webmaster-webmaster terbaik dari perusahaan google , yang akan membuat anda akan terbantu dalam melakukan teknik SEO .

Google search console pun selalu update , dan update tersebut bisa anda dapatkan tanpa bayar sepersen pun . Contoh fitur terbaru dari google yaitu Google Search Analytics Report , yang dimana fitur tersebut adalah update dari fitur sebelumnya , yaitu search queries , dan masih banyak lagi fitur-fitur keren dai google search console.

Google search console juga selalu memberi peringatan apabila ada kesalahan pada website kita , seperti googlebot yang tidak bisa mengakses website kita yang tentu itu sangat berbahaya .

Peringatan oleh google webmaster
Gambar1. Peringatan oleh google webmaster

Selain peringatan yang diberikan google search console untuk membantu kita , google search console juga sesekali memberikan tips SEO untuk website kita , nah ini yang sering kita abaikan , padahal tips itu berasal dari webmaster dari google yang ada di belakang google search console .

Ini sering dilakukan oleh blogger baru yang baru belajar SEO ,karena ikut-ikutan hanya mendaftarkan ke google search console tanpa tahu apa kegunaan sebenarnya dari google webmaster . Mungkin juga karena faktor kurangnya bahasa inggris membuat blogger baru mengabaikan ini .

Tips SEO dari google webmaster
Gambar2. Tips SEO dari google webmaster

Dari gambar diatas , ada 5 tips yang diberikan dari google search console kepada kita , biasanya tips itu akan diberikan kepada kita ketika mendaftar di google search console , kita akan membahas satu-satu dan saya akan bantu menerjemahkan .

Tips SEO dari Google Search Console

1. Membuat semua versi alamat dari website kita .

Inti dari semua kata nomor 1 google diatas adalah seperti judul yang saya berikan . Disini kita disarankan oleh google untuk memberikan semua versi alamat dari website kita , apa saja versi itu :

- Menggunakan www , ex : www.kizeh.com , www.maxmanroe.com
- Tanpa www , ex : kizeh.com , maxmanroe.com
- Menggunakan SSL ( HTTPS ) kalau ada , ex : https://www.maxmanroe.com

Daftarkanlah semua versi alamat dari website sobat itu ke google search console :

Contoh versi alamat website di google webmaster
Contoh versi alamat website di google search console

Mendaftarkan semua versi bertujuan agar google dapat mengindentifikasi semua versi alamat dari website sobat.

Untuk caranya , seperti sahabat mendaftarkan website seperti biasa , dengan setiap versi yang berbeda sepeti gambar diatas .

2. Pilih alamat website yang lebih utama

Pada nomor 2 yaitu kita harus menentukan versi alamat yang mana yang lebih diutamakan untuk muncul di halaman google search . Disini sobat akan memilih apakah ketika ada pencarian di google , website sahabat akan dimunculkan seperti apa alamatnya, seperti gambar dibawah :


Pada gambar diatas , kita bisa menentukan versi alamat manakah yang akan dimunculkan , pada kasus diatas saya memakai versi memakai www . Cara nya , sobat klik saja tombol Site prefered version pada gambar 2 ,  lalu ikuti seperti gambar dibawah ini :



3. Menentukan target 

Pada nomor 3 adalah yang paling membantu kita untuk mencapai target . Semua yang kita lakukan harus mempunyai target , google pun mempunyai target penelusuran bagi website kita . Tapi fitur ini digunakan apabila memang sobat menetapkan target pasar yang akan sobat capai .

Apabila website kita menggunakan bahasa indonesia , sebaiknya kita menetapkan target pada negara Indonesia , dan apabila kita menggunakan bahasa jepang , sebaiknya kita juga menetapkan target ke negara jepang .

Apabila kita memakai bahasa inggris dan ingin mencangkup seleruh pasar di dunia sebaiknya dikosongkan saja .

Contoh target di indonesia ( disesuaikan )
Contoh target di indonesia ( disesuaikan )

Tapi kalau kita sudah menetapkan target di sesuatu negara tertentu , bukan berarti pengunjung dari negara lain tidak bisa mengunjungi website kita , tentunya ini masih tetap menguntungkan kita karena masih mendapat traffic dari negara lainnya .

Adanya traffic dari negara lain selain negara target ( Indonesia )
Adanya traffic dari negara lain selain negara target ( Indonesia )



Pada gambar diatas , ternyata masih ada traffic dari negara lain , tapi itu tidak masalah , dan juga terlihat traffic dari Indonesia lebih banyak , karena itu adalah negara target penelusuran .

4. Menambah CO-worker / admin lainnya .

Dengan menambah admin lainnya , blog akan lebih cepat berkembang , karena diurus oleh beberapa orang , tentunya berbeda dengan 1 orang yang bisa mengerjakan 1 pekerjaan 1 waktu .
Dengan banyak admin atau pengurus blog , kita bisa membagi pekerjaan , sehingga bisa cepat mencapai target . Tentunya untuk menambah admin lainnya , harus menambahkan email admin satunya lagi , karena email seperti alamat rumah dari blogger atau internet marketer .


Setelah ada email , cara menambahkan co-worker pada google webmaster yaitu klik saja tombol Manage site users pada gambar 2 , lalu pilih tombol Add new user pada sudut kanan atas yang warna merah .

Akan muncuk menu pop-up seperti ini : 




Masukan email dari  akun yang akan diberi akses di google webmaster sebagai co-worker . Pilih hak akses yang akan diberikan pada kun ersebut , restricted ( terbatas ) atau Full ( Semua akses ) .


5. Mendaftarkan sitemap blog / website di google search console

Ini yang paling penting , sitemap adalah daftar isi dari ini blog kita . Dengan mendaftarkan sitemap ke google webmaster , membuat googlebot lebih mudah menjelajahi blog kita untuk dilakukan pengindexan . Untuk mendaftarkan sitemap bisa langsung klik submit a sitemap , atau lebih lengkapnya baca di --> Cara membuat sitemap di google webmaster.

Sitemap di google webmaster
Sitemap di google webmaster

Tapi entah kenapa , masih banyak blogger baru yang belum mengetahui ini , semoga melihat artikel ini jadi lebih tahu tentang sitemap .

Kesimpulan

5 tips diatas adalah tips yang paling recommended , karena di keluarkan langsung oleh google search console . Terus apalagi yang ditunggu , lakukan sekarang juga , agar blog sobat rame dan page one google .

Terima kasih 

Gambar : Dokumentasi pribadi



Add Comments

Silahkan berkomentar sahabat , berikan saran dan pendapat sahabat , supaya kami dapat memperbaiki di kemudian hari :) .Cek "Notify me" supaya ada pemberithuan balasan via email .
EmoticonEmoticon