Friday, March 6, 2015

Belajar SEO : Backlink / link building untuk optimasi SEO

Link building

Belajar SEO : Backlink / link building untuk optimasi SEO

Assalamualaikum sahabat kizeh ,

Backlink yaitu hal yang paling utama dalam teknik SEO off-page faktor yang digunakan oleh search engine . Google bukan yang pertama kali menggunakan backlink sebagai acuan relevansi blog lain kepada blog lain , tapi google yang pertama yang sangat bergantung kepada relevansi suatu blog kepada blog lain .

Relevansi blog lain ke blog lain ini yaitu seperti blog yang membuat link ke blog lain yang bertujuan untuk relevansi dari blognya , seperti jika blognya bersumber dari blog lain atau mempromosikan blog lain di blognya , semua backlink itu terekam oleh google dan dijadikan acuan sebagai kepopuleran sesuatu blog , teknik ini dipakai dalam google algoritma . Selengkapnya tentang backlink bisa dibaca di "Apa sih sebenarnya backlink itu" .

Kualitas backlink

Sahabat pasti lebih percaya dengan orang yang waras atau sehat dari pada orang yang tidak waras atau tidak sehat dan lebih percaya dengan orang baik dari pada orang jahat . Seperti itu juga cara kerja dari google dan search engine lainnya .

Search engine akan menghitung segala backlin kecuali backlink yang di block seperti dengan cara meletakkan kode nofollow atau cara lainnya . Tetapi search engine tidak hanya akan menilai dari segi kuantitas saja , search engine lebih respect terhapat backlink yang mempunyai kualitas tinggi.

Apa itu backlink berkualitas tinggi ? , bisa diartikan sebagai "jika kamu melihat sesuatu dan langsung mengerti" . Search engine akan menilai tinggi backlink apabila topik yang sama atau televan dengan topik blog sahabat , jadi itulah yang dimaksudkan kata diatas , dengan topik yang relevan maka pengunjung ataupun search engine akan langsung mengerti maksud dari backlink itu . 

Search engine juga menilai kualitas sesuatu backlink , jika link yang menuju blog sahabat terdapat pada website yang jelas sudah dikenal baik di mata search engine . Pemikirannya seperti ini , sahabat pasti lebih percaya kepada orang yang sukses dari pada orang yang biasa-biasa saja .

Kata backlink / Anchor text


Kata backlink atau yang lebih dikenal anchor text yaitu kata diantara link atau kata yang menggambarkan link tersebut .

Kita ambil contoh :  blog kizeh memiliki banyak link yang menuju blog kizeh , yang pasti tidak tentang "menjual baju tapi tentang "SEO" . Kenapa SEO ? karena blog kizeh memang bukan menjual baju tapi berbagi SEO , karena itu setiap kizeh membuat artikel akan berkaitan dengan kata SEO dan kizeh juga banyak menautkan link yang mempunyai anchor text yaitu SEO .

<a href="http://www.kizeh.com" > Blog kizeh tentang SEO </a>

Kata "blog kizeh tentang SEO" adalah anchor text dari link tersebut , jadi seperti yang kizeh bilang tadi , anchor text yaitu kalimat atau kata yang menggambarkan link tersebut .

Tentunya blog lain yang menautkan link kita akan memberi anchor text sesuai topik blog kita , apalagi blog yang sesuai topiknya atau relevan dengan kita , maka pengunjung yang akan mengunjungi blog kita pun akan sesuai dengan topik blog kita .

Tetapi , banyak blogger atau web developer yang menyalahkan gunakan fitur ini , banyak yang melakukan spam dengan teknik ini , jadi banyaknya menipulasi SEO . Maka dari itu google telah mengantisipasinya dengan update algoritmanya yaitu penguin , yang tugasnya adalah mencari spam anchor text yang dilakukan si blogger , makanya hati-hati sahabat , jangan sampai si penguin salah paham dengan tujuan sahabat yang sebenarnya tidak berniat spam ,

Sekali lagi , makanya kizeh mengatakan blog dengan satu topik akan lebih baik dari pada blog yang tidak tau arah topiknya . Blog yang memiliki satu topik akan memudahkan kita dalam menggunakan anchor text yang bermacam-macam tapi sejenis , cara memilih topik blog bisa dibaca di "Cara memilih topik blog yang menarik" .

Jumlah backlink / link

Dulu , banyak blogger atau web developer bahkan blogger pemua pun sudah tau apabila banyak backlink akan meningkatkan SEO . Bahkan apabila backlink tersebut didapatkan dari berbagai blog atau website . Apabila dalam 1 website kita mempunyai 10 backlink , bayangkan dalam 1000 website juga sama ? .

Tetapi , semua itu semakin berkurang pemahamannya , karena google telah belajar dan mencari tahu bagaimana melihat backlink yang mana memang berkualitas sehingga tidak ada manipulasi SEO dengan cara spamming , yaitu dengan menerbitkan updetan terbaru dari google penguin tersebut .

Bahkan sekarang ini masih banyak blogger yang beranggpan banyak backlink akan meningkatkan SEO tanpa mengetahui backlink berkualitas dan tidak , apakah kurang membaca atau lainnya kizeh tidak tau pasti .

Kesimpulan 


Dalam kasus tenik SEO off-page terutama backlink , carilah backlink yang memang berkualitas sebagaimana yang kizeh jelaskan diatas . Janganlah mencari backlink dengan cara spamming atau menggunakan software atau yang lain , cepat atau lambat itu akan berdampak buruk bagi blog sahabat . Terus , perbanyaklah macam anchor text sahabat agar semakin banyak kueri , penelusuran atau keyword yang menuju ke blog atau website sahabat .

Belajar SEO :



Jangan lupa berkomentar , budayakan blogwalking dan jangan lupa tolong share ke media social sahabat , barangkali ada yang membutuhkan .

Terima kasih 

Gambar : Dokumentasi pribadi
 

Add Comments

Silahkan berkomentar sahabat , berikan saran dan pendapat sahabat , supaya kami dapat memperbaiki di kemudian hari :) .Cek "Notify me" supaya ada pemberithuan balasan via email .
EmoticonEmoticon