Friday, December 19, 2014

Apa sih sebenarnya backlink itu

Apa sih sebenarnya backlink itu


Apa sih sebenarnya backlink itu  - Backlink dalam artian bahasa indonesia yaitu link = sambungan dan back = belakang , jadi artinya sambungan belakang ? haha . Backlink yaitu menurut saya , dan yang saya amati... , yaitu sebuah jalur dari website lain yang menghubungkan ke website kita.

Dalam dunia SEO , backlink menjadi salah satu pilar utama dan termasuk teknik SEO off-page , dan dengan adanya banyak backlink , akan membuat website kita lebih friendly SEO.

Backlink menguntungkan kita , karena dengan banyak backlink maka google akan menganggap blog kita banyak yang merekomendasi dan itu ditangkap dalam algoritma google Hummingbird .

Tapi sekarang search engine semakin canggih , dengan meningkatkan teknologi algoritma canggih search engine seperti google , search engine dapat membedakan backlink spam dan backlink yang bagus dan natural . Tentunya banyak backlink , tapi backlink tersebut adalah hasil spam , malah memperjelek dan membahayakan blog kita di pencarian SERP search engine seperti google .


Ada dua macam bentuk backlink menurut kizeh :

1. Backlink satu arah / one target.


Backlink satu arah ini terjadi apabila adanya saling review , dan ada blog yang menyukai blog kita dan mereview blog kita dan meletakkan link yang langsung mengarahkan ke blog kita .

Backlink satu target ini juga bisa dalam berbentuk feed , jadi kita bisa memasang feed blog utama di blog sampingan kita / dummy ( Cara menambahkan feed blog lain di blog kita ) .

Kita juga bisa membuat backlink berkualitas dengan mengunjungi website berkualitas dan mencantumkan alamat blog kita didalamnya , bisa dilihat di "Cara membuat backlink berkualitas"atau bisa juga melakukan blogwalking di blog yang menyediakan tempat website kita di kolom komentar .

Update !! Setelah beberapa lama kizeh terus mencari ilmu , ternyata ada yang harus banyak kita perhatikan tentang jenis backlink nomor 2 ini yaitu interconnect disini, tapi kizeh tetap membiarkan penjelasan tentang backlink interconnect agar kita bisa membandingkannya dan lebih mantap.. dan T.O.P ,teknik bertukar link ini sudah lama ditinggalkan karena dianggap spam 

2. Backlink berhubugan / interconnect


Yaitu backlink yang saling berhubungan , berhubugan dimaksud disini yaitu :

"Apabila blogger A memasang link ke blogger B , dan blogger B juga memasangkan link blogger A di websitenya.

Backlink interconnect ini sudah banyak di gunakan oleh para blogger , dan seperti sudah menjadi tradisi , karena sangat menguntungkan.

Contoh backlink interconnect kizeh.com di salah satu blog teman  :



Kesimpulan 

Dalam dunia SEO backlink adalah salah satu yang dipertimbangkan oleh search engine, tapi tentunya search engine tidak bodoh dan telah tahu cara membedakan backlink yang spam  dan backlink yang natural dan berkualitas . Jadi , jangan terlalu gegabah mencari backlink , sehingga website kita malah yang menjadi korban , untuk lebih lanjutnya tentang link building , bisa dibaca di Belajar SEO : Link building .

Jangan lupa berkomentar , budayakan blogwalking , tapi jangan nyepam dan jangan lupa tolong share ke media sosial sahabat semua , share sahabat sangat berarti bagi blog ini .

Terima kasih 

Gambar : Dokumentasi pribadi / jmkobax


4 comments

  1. Thanks Ilmunya mas, sekarang saya udah tau apa itu backlink ...hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama-sama mas , berkunjung kembali ya mas , dan kasih saran supaya kami lebih baik.

      Delete
  2. Replies
    1. Sistem backlink interconnect sudah saya hapus dari teknik saya mas , saya bakal update artikel ini. Buat backlink onepage masih lanjut . Terima kasih telah berkunjung :)

      Delete

Silahkan berkomentar sahabat , berikan saran dan pendapat sahabat , supaya kami dapat memperbaiki di kemudian hari :) .Cek "Notify me" supaya ada pemberithuan balasan via email .
EmoticonEmoticon