Sunday, November 9, 2014

Cara membuat sitemap di Google Search Console

Cara membuat sitemap di Google Search Console

Cara membuat sitemap di google webmaster - Assalamualaikum sahabat kizeh, Secara singkatnya sitemap adalah peta dari webiste kita , tepatnya peta dari konten pada website kita. Dengan mendaftarkan sitemap di goole atau search engine lainnya , maka search engine tersebut akan mudah menjelajahi blog/website sahabat , sama seperti seorang pendaki yang memakai peta akan lebih mudah mencapai puncak dari pada yang tidak.

Tentunya setelah kita mendaftarkan sitemap kita pada Google Search Console , maka website kita akan lebih meningkat SEO SERP nya di Google dari pada sebelum kita mendaftarkan sitemap tersebut . Dengan meningkatnya pencarian SERP maka otomatis traffic organik yang didatangkan tidak sedikit , apalagi untuk keyword yang sangat populer .

Terkait : Apa itu keyword ?

Untuk mendafatarkan sitemap pada Google Search Console tidaklah susah tapi kita harus sudah mendaftar pada Google Search Console dahulu  , bahkan mudah sekali dan hanya memakan waktu tidak sampai 1 menit . Berikut langkah yang kita lakukan untuk mendaftarkan sitemap :

1. Masuk kedalam halaman SEO Search Console . Apabila kita telah login pada akun gmail kita pasti kita akan langsung masuk pada halaman awal Search Console , kalau belum maka kita harus sign in dahulu . 



Sign in Search Console
2. Pilih  salah satu blog yang telah sahabat daftarkan tadi pada halaman mendaftar google webmaster .

3. Lalu pilih menu "crawl" , dan pilih "sitemaps".


Tampilan menu di google webmaster

3. Lalu pilih "add sitemap" , masukan saja URL ini kedalam kolom : sitemap.xml
   


Kolom untuk memasukan sitemap di google webmaster


4. Lalu pilih "Submit Sitemap".

5. Selesai.

Setelah selesai mendaftarkan sitemap , google akan melakukan proses dahulu atau status pending . Setelah itu konten dari website kita akan terindex oleh google .Tapi ,sebenarnya tidak hanya daftar sitemap langkah yang kita lakukan untuk tindakan SEO , tetapi masih banyak yang kita lakukan agar website kita lebih SEO dengan melakukan langkah pada artikel dibawah ini : 


Demikian , semoga dapat bermanfaat bagi sahabat kizeh, kalau ada yang kurang mengerti komen saja, dan jangan lupa +1 nya  .


Terima kasih 

Gambar : Dokumentasi pribadi

6 comments

  1. terima kasih infonya gan akan saya praktikan satu persatu, mau lanjut baca entar malah bingung,maklum katrok gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama-sama sahabat sudar , bingung dimana ? haha . Terimas kasih kunjungannya

      Delete
  2. point 3. Lalu pilih "add sitemap" , masukan saja URL ini kedalam kolom : sitemap.xml itu yg di masukin di kolomnya url ini kang? kizeh(.)com?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sitemap.xml saja sahabat arif , kan yang kizeh.com sudah otomatis ada disana ;)

      Delete
  3. mas saya mau nanya nih, kenapa ya kok sitemap punya saya type atom, yang submitted 26 dan index 1 dari dulu ini? tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya gak pernah pakai atom , isi saja dengan format XML . >> sitemap.xml . Sesuai dengan tutor saya diatas .

      Terima kasih

      Delete

Silahkan berkomentar sahabat , berikan saran dan pendapat sahabat , supaya kami dapat memperbaiki di kemudian hari :) .Cek "Notify me" supaya ada pemberithuan balasan via email .
EmoticonEmoticon