Friday, February 6, 2015

Cara dan teknik memaksimalkan SEO on-page yang benar dan akurat

Cara dan teknik memaksimalkan SEO on-page yang benar dan akurat


Cara dan teknik memaksimalkan SEO on-page yang benar dan akurat - Teknik dalam dunia SEO ada 2 , yaitu teknik SEO onpage dan teknik SEO offpage . Kedua teknik tersebut sama pentingnya . Walaupun teknik SEO on-page kita benar tapi kita tidak peduli dengan teknik SEO off-page , teknik SEO on-page tersebut tak menjadi maksimal , tentu kita mencari hasil yang maksimal . Sekarang kita akan membahas teknik SEO onpage dahulu .


Apa sih Teknik SEO onpage ?

Teknik SEO on-page yaitu teknik yang memaksimalkan website/blog kita di mesin pencari dengan cara melakukan pengoptimalan didalam website tersebut dan biasanya dilakukan admin.

Ada beberapa cara pengoptimalan didalam website itu sendiri , seperti :

1. Meta tag 


Cara dan teknik memaksimalkan SEO on-page yang benar dan akurat


Meta tag yaitu sebuah tag HTML khusus yang terletak dibagian <head> dan </head> . Tag ini digunakan untuk memberikan informasi kepada search engine tentang blog dan dokumen HTML sahabat .

Ada banyak tipe dari meta tag ini , seperti :
-Meta tag description
 <meta name="description" content="Deskripsi dari blog sahabat" >

-Meta tag penulis
<meta name="author" content="Nama sahabat" >

Terkait : Meta tag yang boleh digunakan dan tidak pada Google

2. Faster website loading .


Cara dan teknik memaksimalkan SEO on-page yang benar dan akurat

Tentu saja ini yang menjadi faktor utama , kenapa ?. Pengunjung menyukai website yang cepat dan lancar untuk di akses , apalagi bagi pengunjung yang memiliki kecepatan internet pas-pasan.

Cara supaya blog/website kita cepat dan mudah diakses , kita harus membuang widget atau design website kita yang sebenarnya tidak perlu untuk digunakan , seperti jam , gambar melayang (floating image ) , background , dan masih banyak lagi dan bisa dibaca di "Cara mempercepat loading blog" .

Memang dengan banyak gambar konten kita akan lebih bagus dan terlihat sangat berkualitas , makanya saya jelasin nanti di aspek nomor 13 .


3. URL atau link .

Link disini ditujukan untuk link didalam artikel bukan link hompage kita . Karena link hompage atau link utama kita itu sebenarnya adalah brand . Jadi gak perlu harus sesuai dengan tema . Contoh :
Kita ingin membuat blog tentang bisnis , maka kita wajib membuat URL seperti raja-bisnis.com .

Tapi , memang ada pengaruhnya sedikit dengan keyword kita dan memang tidak ada salahnya kita membuat URL utama mirip dengan tema kita , tapi dengan brand sendiri , kita akan lebih cepat populer . Contohnya banyak blog yang memiliki URL sangat jauh berbeda dengan jenis blognya , tapi sangat populer.

Link yang dimaksud disini sebenarnya link pada artikel kita . Kizeh telah menjelaskan keuntungan menggunakan long tail keyword pada "Apa sih sebenarnya keyword itu" .


4. Deskripsi


Lalu ada deskripsi , dengan mendeskripsikan blog/website kita , makan pengunjung akan lebih  mengetahui tentang apa blog kita dan apa yang kita jelaskan .

Membuat deskripsi ada yang secara blog menyelutruh dan secara individu artikel . Cara membuat deskripsi blog menyeluruh yaitu dengan :

- Masuk ke dashboard blogger ( pengguna blogger ) > Setelan > Dasar > Ubah deskripsi .


Cara dan teknik memaksimalkan SEO on-page yang benar dan akurat
Klik untuk memperbesar


Selanjutnya membuat deskripsi didalam artikel masing-masing . Tentu setiap artikel di blog kita mempunyai deskripsi yang berbeda-beda. Caranya :

- Pada halaman dashboard pengeditan artikel , pada bagian deskripsi penelusuran , isikan deskripsi tentang blog sahabat . 

Cara dan teknik memaksimalkan SEO on-page yang benar dan akurat
Klik untuk memperbesar

Tapi di samping dashboard saya kok tidak ada kizeh ? , tenang.. kita bisa aktifkan dahulu pendeskripsiannya dengan :

- Masuk ke dashboard blogger ( pengguna blogger ) > Setelan > Preferensi penelusuran . Pada bagian tag meta , aktifkan deskripsi penelusuran  , dan isikan di kotak deskripsi blog kita lagi . Setelah itu cek lagi seperti cara diatas , pasti sudah ada deskripsi untuk artikelnya .

Cara dan teknik memaksimalkan SEO on-page yang benar dan akurat
Klik untuk memperbesar



5. Heading


Heading menjadi salah satu tenik SEO on-page yang bagus . Teknik heading untuk membuat artikel menjadi lebih berkualitas dan lebih optimal . Tag heading digunakan untuk membuat bagian judul , sub judul dan seterusnya , hampir sama seperti membuat daftar isi .

Cara memakai heading yaitu dengan cara memilihnya di bagian atas lembaran kerja artikel blogger .

Cara dan teknik memaksimalkan SEO on-page yang benar dan akurat

Keterangan : Heading ( judul utama ) , dan seterusnya adalah bagiannya . 
Masih banyak yang bingung , cara tag h1 atau ha ha ha yang lain di artikel , heading inilah dia .

Entri ( judul utama ) sama dengan h1
Heading sama dengan h2 ( judul )
Subheading h3 ( sub judul )
Minor heading h4 (sub dari subnya judul )

6. Label



Selanjutnya adalah teknik penlabelan atau mengelompokkan postingan . Penlabelan sangat perlu dan blog yang besar dan mempunyai banyak artikel haruslah adanya pengelompokkan biar lebih jelas dan mudah dicari artikelnya sesuai kategori . Untuk penlabelan bisa baca di "Cara mengelompokkan postingan blog" untuk selengkapnya.


7. Tag robot


Selanjutnya adalah tag robot , tag robot berguna untuk memberitahu robot perayap untuk halaman mana yang boleh untuk diindex dan yang mana tidak boleh diindex . Supaya tidak ada duplikat konten .

- Dashboard > Setelan > Preferensi Penelusuran > Tag tajuk robot khusus .

Cara dan teknik memaksimalkan SEO on-page yang benar dan akurat
Klik untuk memperbesar

8. keyword


Keyword adalah termasuk yang paling utama menurut kizeh , dengan keyword yang benar , maka blog kita akan tersampaikan dengan benar , saya disini tak mau panjang-panjang membahas tentang keyword , semua bisa dibaca di "Apa sih sebenarnya keyword" .

9. Bahasa


Bahasa jangan diremehkan , dengan bahasa yang baik pengunjung akan merasa nyaman , dan blog kita akan terasa profesional . Walaupun ini blog tapi tidak harus memakai bahasa lebay . Selain itu , dalam setiap bahasa / tulisan dalam artikel kita semuanya adalah keyword dan tergantung kita meletakannya dimana  , jadi apabila kita menuliskan tulisan yang salah dan tidak bagus maka akan sangat merugikan blog kita .


Pencarian google
Contoh keyword yang terdeteksi google



  10. TLD ( Top level domain )


Domain TLD seperti .com .co.id .net atau sejenisnya akan membuat blog kita semakin terlihat profesional dan memiliki gengsi tersendiri . Tapi domain yang bagus harus disaingi dengan konten yang berkualitas. Kalau sahabat mau beli domain , bisa beli di "Cara mudah beli domain di IDwebhost , beli domain ? disini aja".


11. Inbound link


Inbound link atau link internal yaitu link yang mengarah masih didalam blog/website kita . Seperti mencamtumkan link artikel sesuai dengan artikel yang sedang dijelaskan . Makanya saya haruskan membuat konten yang setema di "Cara membuat blog yang baik" .


12. Outbound link


Outbound link atau link external adalah kebalikan dari link inbound yaitu link yang mengarah keluar dari blog kita. Banyak yang beranggapan link outbound jelek bagi website kita , saya tidak setuju. Taukah sahabat apa arti website ? , disana ada kata web yang berarti jaring atau saling menjaring (www = world wide web ) .

Sebenarnya itulah tujuan dari adanya website , website itu saling terhubung (terjaring) . Tapi kita harus berhati-hati memasang link outbound , jangan kesembarang website yang tidak jelas.


13 . Gambar dan video



Nah ini dia , sebuah konten yang baik dan berkualitas pastilah mempunyai konten yang jelas dan mudah dimengerti . Adanya penambahan video dan Gambar akan membuat konteng blog kita lebih jelas dan kelihatan tidak sembarangan , google dan pengunjung sangat menyukainya.

Tapi hati-hati kalau mengambil gambar sahabat , jangan sembarangan . Kita bisa dituntut apabila gambar yang kita pakai ternyata mempunyai hak cipta , bisa baca di "Jangan ambil gambar sembarangan ! ini tipsnya".

Terus apabila banyak gambar pastilah membuat lambat blog kita dan itu bertentangan dengan teknik nomor satu , yaitu faster website loading. Tapi kizeh punya tipsnya buat sahabat yang blognya mempunyai banyak gambar , di "Tips untuk blog yang memiliki banyak gambar" .

Terus udah pada dengar dengan google spider bot ? , google spider bot tidak mengenal apa itu gambar dan hanya tulisan saja , jadi gambar pada artikel itu hanya dianggap sampah oleh google spider , tapi ada tipsnya , baca di "Cara memaksimalkan gambar dengan SEO alt dan tag" .


14. Template blogger (Pengguna blogger) .


Template yang bagus dan SEO sangat perlu dan penting , karena akan memudahkan mesin pencari menemukan blog kita karena dengan template yang terstruktur HTMLnya akan memudahkan search engine mencari blog kita .

Ciri-ciri template yang baik :

- Memiliki meta tag ( seperti nomor 1 ) ada title , description dan masih banyak lagi .

- Valid HTML5 ( Bisa menambah sedikit SEO )

- Ringan

 Kita dapat membuat sendiri template tersebut dan bisa juga dengan mendownloadnya , template yang bagus bisa cari di google dengan kata kunci "Blog template terbaik" . Bagi sahabat yang tidak tahu cara mengubah template bisa baca di "Cara mudah mengubah template" .

Nah itu sahabat kizeh yang harus kita perhatikan dalam teknik SEO on-page . Semua usaha tersebut akan kita dapatkan hasilnya apabila kita mengerjakannya denga hati dan ikhlas, ehm .

Jangan lupa berkomentar , budayakan blogwalkig dan jangan lupa share ke media social sahabat semua , mungkin ada yang membutuhkan .

Terima kasih

Gambar : Dokumentasi pribadi kizeh dan pixabay

17 comments

  1. Wah banyak sekali yang harus dilakukan gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi setimpal dengan yang kita dapatkan sahabat pangky :)

      Delete
  2. Tapi menurut saya yang paling berpengaruh itu bahasa om.

    ReplyDelete
  3. Banyak juga poinnya, bagus banget buat pemula, satu persatu sudah saya terapkan sejak dulu, tinggalkan mengoptimalkannya terus menerus agar enggak terkubur begitu saja dengan blog lain, hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sahabat adam , emang harus kita asah terus . Terima kasih telah berkunjung :)

      Delete
  4. pengalaman ane,, ane pakek keyword tersembunyi dalam setiap post,,, tanam sebanyak banyaknya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kayak gimana itu mas caranya ? :) . Hati-hati , nanti dianggap spam , keyword itu seadanya aja mas , jangan berlebihan . Terima kasih telah berkunjung

      Delete
    2. langsung aja ke aladani bang :D

      Delete
  5. makasih infonya gan, sngat bermanfaat

    ReplyDelete
  6. maaf numpang belajar buat bisa seo onpage yang benar thanks atas informasinya

    ReplyDelete
  7. mas ryzki trimakasi postingnya sangat membatu. tp saya masih bingung dengan meta tag. apa sih penjelasan meta tag lebih jelasnya? bkin meta tag gimana? maksud head itu adanya di bagian mana?

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar sahabat , berikan saran dan pendapat sahabat , supaya kami dapat memperbaiki di kemudian hari :) .Cek "Notify me" supaya ada pemberithuan balasan via email .
EmoticonEmoticon