Saturday, December 27, 2014

Apa sih sebenarnya keyword itu

Apa sih sebenarnya keyword itu



Apa sih sebenarnya keyword itu  - Sebelumnya kizeh telah menjelaskan tentang "Penjelasan SEO" dan "Apa sebenarnya backlink itu" , dan itu semua berhubugan dengan keyword, sebagai penunjang SEO. Disini saya akan menjelaskan tentang keyword sesuai pengalaman kizeh, semoga dapat berguna.

Kenapa keyword sangat penting ?


Keyword disebut juga dengan kata kunci, pengertian keyword menurut saya , keyword yaitu sebuah kata atau kalimat yang menjelaskan semua isi dari website atau artikel kita. Itu pendapat logika dari saya.

Keyword merupakan salah satu wajib dari teknik SEO . Kenapa ? , karena keyword lah yang menuntun search engine ke website kita.

Menurut pengalaman kizeh..

Macam-macam keyword 


1. Short keyword


Tampilan short tail keyword


Pertama adalah short keyword atau keyword pendek . Short keyword sesuai namanya menggunakan kalimat yang pendek untuk artikelnya ( judul artikel ) . Short keyword sangat populer karena banyak digunakan oleh orang / blogger , dan kekurangan dari short keyword ini yaitu persaingan yang terlalu banyak. Menurut saya short keyword sangat ridak cocok untuk website / blog yang berumur baru.. karena terlalu banyak pesaing.

Secara rinci kekurangan dan kelebihan short keyword : 

Kelebihan short keyword :

-Short keyword sangatlah populer, dan banyak digunakan oleh pengunjung di search engine
-Cocok untuk website yang sudah lama

Kekurangan  short keyword:

-Persaingan yang terlalu ketat di short keyword , apalagi di dalam bahasan yang populer.
-Sangat tidak cocok untuk website pemula.

Contoh keyword pendek pada website saya yaitu seperti artikel ini :

 "Apa itu sitemap" ( 3 kata )


2. Long keyword


Tampilan long tail keyword


Kedua adalah long keyword atau keyword panjang . Keyword panjang sangat menarik sekali , karena akan membuat blog/website anda akan beda dengan yang lainnya. Long keyword juga bisa menjadi alternatif untuk memasukan banyak keyword pada title artikel , karena untuk 1 jenis artikel yang sama , akan banyak macam-macam keyword yang digunakan pengunjung untuk mencari artikel yang dituju .

Secara rinci kelebihan dan kekurangan long keyword :

Kelebihan long keyword  :

-Persaingan yang lebih renggang di long keyword , karena hanya sedikit yang menggunakannya.
-Website anda menjadi unik dan populer.
-Cocok untuk website baru.

Kekurangan long keyword :

-Masih banyak pengunjung yang mencari di search engine menggunakan keyword yang pendek.

Contoh dari long keyword pada blog saya yaitu seperti halaman ini :

"Cara mudah mendaftar program affiliasi Lazada"

Tapi bagaimana cara menggunakan keyword panjang di URL kizeh ?

Benar sekali , URL standar hanya membolehkan membolehkan 6 kata pada URL seperti :
http://www.kizeh.com/2015/02/google-pagerank-mati-saatnya-da-dan.html
Jadi judul kita akan terpotong di URL yang hanya bisa menampilkan 6 kata. Tapi dengan menggunakan menu tautan permanen khusus kita bisa memperpanjang dan optimasi URL .


Cara menambahkan url artikel yang panjang

Contoh bisa dilihat di URL artikel kizeh yang ini "Cara menghubungkan webmaster dengan google analitycs , optimasi webmaster anda !!" , panjang bukan ?.


Jadi , keyword manakah yang akan jadi pilihan sahabat ? , ya itu semua tergatung sahabat dan sahabat yang menilai yang terbaik untuk website sahabat.

Jangan lupa komentar , budayakanlah blogwalking dan jangan lupa  tolong share ke media social sahabat semua jika sahabat peduli .

Terima kasih

Gambar : Dokumentasi pribadi / Steve


4 comments

  1. boleh ane terapin di blog nih, ane udah 2 tahun ngeblog tapi sekarang" drop SEO'a dulu bisa ampe 2000-3000an sehari sekarang cuma paling 700-900 perhari, semenjak tengah taun kemaren :3
    makasih sob ane praktekin di blog ane ya :)

    kalo ada waktu kunjungi blog saya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke sahabat ryano , sip mantab :) , Oke . Terima kasih kunjungannya :)

      Delete
  2. Tanya gan. "Diatas ada penjelasan judul dari artikel tersebut adalah keyword dari sebuah artikel" Lalu yang kita tuliskan di tag meta pada blogspot itu apa gan? terus apa hubungannya tag meta dengan judul?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya judul itu keyword mas , meta tag itu juga keyword , meta tag itu banyak jenisnya ,yang kita pakai untuk keyword yaitu yang memakai name='keywords' . Kalau judul itu keyword untuk satu konten saja yang spesifik . Kalau di meta tag untuk blog secara keseluruhan , contohnya topik blog sahabat rudhy apa . Terima kasih telah berkunjung .

      Delete

Silahkan berkomentar sahabat , berikan saran dan pendapat sahabat , supaya kami dapat memperbaiki di kemudian hari :) .Cek "Notify me" supaya ada pemberithuan balasan via email .
EmoticonEmoticon